15 Merk Beras Berkualitas: Santap Nikmat dengan Beras Berkualitas!

Merk Beras Beras yang merupakan bahan dasar nasi, memiliki peran penting dalam menyediakan nutrisi yang diperlukan tubuh. Proses dari padi menjadi beras, kemudian menjadi nasi, menjadi ritual harian yang tak terpisahkan. Beras tidak hanya menjadi sumber energi dan karbohidrat, tetapi juga menjadi komoditas utama di berbagai rumah tangga.

Di Indonesia, masyarakat memiliki beragam pilihan beras yang mereka konsumsi sehari-hari. Meskipun cara memasaknya serupa, namun berbagai jenis beras memberikan perbedaan dalam tingkat kepulenan dan rasa nasi yang dihasilkan. Pilihan merk dan harga beras pun sangat bervariasi, dan pemilihan beras berkualitas menjadi kunci untuk mendapatkan nasi yang enak dan pulen.

Tentu saja, setiap merk beras memiliki karakteristiknya masing-masing. Beberapa merk beras terkenal di Indonesia biasanya terjamin kualitasnya dan menjadi pilihan banyak orang. Bagi yang mengutamakan tekstur nasi yang pulen, perlu memilih merk beras yang terbaik.

merk beras

Berikut ini beberapa ulasan terkait berbagai jenis beras dan merk-merk terkenal yang dapat memberikan nasi dengan kualitas terbaik. Pemilihan beras yang tepat dapat menambah kenikmatan saat menikmati hidangan sehari-hari Anda.

Rekomendasi 15 Merk Beras Terbaik

1. Merk Beras – Topi Koki Setra Ramos

Merk beras Topi Koki Setra Ramos merupakan pilihan unggul dari petani Indonesia, diolah menggunakan teknologi modern dan higienis untuk menghasilkan beras berkualitas tinggi. Dengan cita rasa nasi yang enak dan pulen, beras ini menjadi favorit bagi banyak keluarga. Tersedia dalam kemasan 5 Kg, 10 Kg, dan 20 Kg, menjadikannya pilihan ideal untuk kebutuhan hidangan keluarga Anda.

Perusahaan beras ini juga dikenal dengan merek HOKI dan telah menjadi pemain utama dalam pengolahan dan distribusi beras premium di Indonesia. Fasilitas produksinya terletak di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur, dan Subang, Jawa Barat. Perusahaan ini berkomitmen untuk terus mengembangkan potensi pasar, termasuk rencana pembangunan fasilitas produksi ramah lingkungan di Sumatra Selatan.

Dengan rentang harga mulai dari Rp. 69.500 hingga Rp. 139.000, Topi Koki Setra Ramos menawarkan kualitas beras yang sebanding dengan nilai yang Anda bayarkan. Pilihlah beras ini untuk memastikan pengalaman memasak dan menikmati nasi yang memuaskan.

2. Merk Beras –  Beras Raja Platinum

Rekomendasi merk beras selanjutnya ialah Beras Raja Platinum. Merk. Beras Raja Platinum merupakan pilihan merk beras berkualitas dari PT. BPR (Belitang Panen Raya), sebuah beras yang diproses menggunakan teknologi canggih dari varietas padi murni. Beras ini dihasilkan tanpa pemutih, pengawet, dan pewangi, memastikan keaslian dan kehigienisannya. Kemasan 5 Kg membuatnya cocok untuk berbagai hidangan, seperti nasi putih, sushi, arem-arem, dan lainnya.

Belitang Panen Raya, yang telah berpengalaman sejak tahun 2005 dalam penggilingan padi, memasarkan berbagai produk beras dengan merk Beras Raja di seluruh Indonesia. Merk beeras ini tersedia di berbagai pasar, termasuk pasar tradisional dan modern, memberikan konsumen pilihan beras berkualitas tinggi dengan reputasi yang terpercaya.

Dengan rentang harga mulai dari Rp. 70.900 hingga Rp. 181.500, Beras Raja Platinum menawarkan kombinasi yang baik antara kualitas dan nilai. Dapatkan kepuasan dalam setiap sajian nasi dengan memilih merk beras ini untuk kebutuhan dapur Anda.

3. Merk Beras – Rojolele

Merk beras Rojolele merupakan salah satu yang layak masuk dalam daftar pilihan beras terbaik. Beras ini memiliki bentuk bulat dengan warna putih susu, serta tidak memiliki aroma khas yang mencolok. Keunggulan lainnya terletak pada teksturnya yang pulen dan lembut, memberikan sensasi nikmat di setiap sajian nasi.

Harga yang relatif terjangkau menjadikan beras Rojolele sebagai pilihan yang ekonomis tanpa mengorbankan kualitas. Cocok digunakan untuk berbagai hidangan, mulai dari nasi uduk, nasi goreng, hingga nasi kuning. Dengan beras Rojolele, Anda dapat menghadirkan nasi berkualitas tinggi dalam hidangan sehari-hari.

4. Merk Beras – Bromo Ayana

Merk beras Bromo Ayana White Rice merupakan beras premium berkualitas tinggi yang berasal dari daerah Jawa Seningga. Merk beras ini tidak hanya cocok untuk berbagai masakan tetapi juga terjamin kehigienisannya. Tersedia dalam beragam ukuran, memungkinkan Anda untuk memilih sesuai dengan kebutuhan bisnis atau kebutuhan keluarga.

Merk beras Bromo Ayana dikenal bebas dari 3P (Pemutih, Pewangi, dan Pengawet), sehingga memberikan pilihan beras sehat dan alami untuk konsumsi sehari-hari. Segera pesan beras Bromo secara praktis dan mudah melalui toko online Japfa Best, penyedia berbagai produk berkualitas tinggi protein untuk makanan sehat keluarga. Dengan kualitas yang dijamin, merk Bromo Ayana hadir sebagai opsi beras premium dengan harga berkisar antara Rp. 68.500 hingga Rp. 145.000.

5. Merk Beras – Beras Cap BMW

Merk beras Cap BMW merupakan salah satu jenis beras pandan wangi yang berasal dari Cianjur, Jawa Barat. Beras ini tidak hanya memiliki aroma yang harum tetapi juga tekstur yang pulen dan enak ketika dimasak.

Merk beras Cap BMW dikenal sebagai pilihan yang cocok untuk kalangan menengah dengan harganya yang ekonomis. Merk beras ini diakui oleh warung tegal (warteg) dan rumah makan nasi padang sebagai salah satu pilihan beras yang dapat diandalkan. Dengan kualitasnya yang terjamin, merk beras Cap BMW menjadi merk beras yang baik untuk memenuhi kebutuhan beras Anda.

6. Merk Beras – Sania

Rekomendasi berikutnya adalah beras merek Sania. Merek beras Sania diolah dengan menggunakan teknologi asal Jepang, yaitu metode paddy to rice. Jenis beras yang digunakan adalah long grain, dengan butiran agak panjang, dan memiliki persentase patahan maksimum sebesar 15%. Hal ini menjadikan merk beras Sania sangat pulen setelah diolah menjadi nasi.

Dengan harga sekitar Rp65 ribu untuk kemasan 5 kg, merk beras Sania menjadi opsi yang terjangkau dengan kualitas yang terjamin. Teknologi mutakhir dari Jepang yang digunakan dalam pengolahannya memberikan keunggulan tersendiri pada produk ini, membuatnya menjadi pilihan yang menarik untuk memenuhi kebutuhan beras Anda.

7. Merk Beras – Beras Si Pulen

Merk beras Si Pulen menawarkan tiga varian produk yang mudah ditemukan di swalayan atau supermarket di berbagai kota. Ketiga varian tersebut adalah Beras Pandan Wangi, Long Grain Crystal, dan Mutiara Medium Grain.

Salah satu varian terkenal dari Si Pulen adalah beras Pandan Wangi, yang merupakan hasil dari varietas lokal Cianjur. Beras ini memiliki aroma yang nikmat dengan tekstur yang pulen. Tidak hanya itu, nasi hasilnya juga memiliki warna yang sedikit kekuningan, memberikan karakteristik tersendiri.

Harga untuk merk beras Si Pulen dalam kemasan 5 kg berkisar antara Rp75-Rp120 ribu, tergantung pada varian yang dipilih. Dengan berbagai pilihan ini, Si Pulen menjadi opsi menarik untuk memenuhi kebutuhan beras Anda.

8. Merk Beras – Beras Medium SPHP

Merk Beras Medium SPHP menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang mengutamakan kualitas beras hasil produksi petani dalam negeri. Dikemas dalam ukuran 5 KG, merk beras ini menawarkan harga yang terjangkau, membuatnya menjadi opsi yang ekonomis dan berkualitas.

Beras Medium SPHP diolah dengan teknologi modern dan higienis, serta dijamin bebas dari pengawet dan pemutih. Keamanan ini menjadikan merk beras ini cocok untuk seluruh anggota keluarga Anda. Dengan mengusung program SPHP yang didukung oleh pemerintah, merk ini berkomitmen untuk menjaga ketersediaan dan stabilitas harga beras, sehingga masyarakat dapat membeli beras dengan harga terbaik. Hal ini dilakukan demi menjaga daya beli dan inflasi terkendali di seluruh wilayah Indonesia.

Harga untuk beras Medium SPHP adalah Rp. 114.000, memberikan nilai yang baik dengan kualitas yang diandalkan.

9. Merk Beras – Puregreen Beras Merah

Jika Anda sedang mencari merk beras merah yang berkualitas, Puregreen Beras Merah adalah pilihan yang patut dicoba. Merk beras ini menawarkan khasiat luar biasa yang baik untuk dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga, terutama anak-anak dan manula.

Beberapa penelitian di Mount Sinai menunjukkan bahwa beras merah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (“jahat”), yang sering dikaitkan dengan risiko penyakit jantung. Beras merah dari merk Puregreen bekerja dengan cara menghentikan aksi enzim dalam tubuh yang membantu produksi kolesterol.

Selain khasiat kesehatan yang luar biasa, yang membuat merk beras Puregreen Beras Merah menjadi pilihan favorit adalah rasanya yang tidak keras seperti beras merah pada umumnya. Hal ini membuatnya disukai oleh semua kalangan, menjadikannya pilihan ideal untuk memenuhi kebutuhan gizi dan menjaga kesehatan keluarga Anda.

10. Merk Beras – Sundakala Beras Coklat Organik

Sundakala Beras Coklat Organik merupakan pilihan merk beras terbaik bagi Anda yang menginginkan beras coklat berkualitas tinggi. Merk beras ini dihasilkan dari padi organik yang ditanam tanpa menggunakan pupuk dan pestisida kimia, menjadikannya pilihan ramah lingkungan yang juga baik untuk kesehatan.

Merk beras ini tidak hanya memberikan pengalaman rasa yang unik dan enak, tetapi juga kaya akan vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan fungsi organ tubuh. Cita rasa nasi coklat dari Sundakala memiliki kekenyalan yang lebih baik daripada nasi putih konvensional.

Salah satu keuntungan lainnya adalah kandungan nutrisi yang tinggi, menjadikan beras coklat organik ini cocok untuk dikonsumsi oleh mereka yang memiliki diabetes. Dengan merk beras Sundakala Beras Coklat Organik, Anda tidak hanya menikmati kelezatan nasi coklat tetapi juga mendukung gaya hidup sehat dan berkelanjutan.

11. Merk Beras – Beras Cap Sumo

Disebut merk beras cap sumo, gambar yang ada pada kemasan merk beras terbaik yang satu ini sangatlah mendukung yaitu sumo dan semangkung nasi yang pulen. Beras Cap Sumo menjadi pilihan merk beras terbaik bagi Anda yang menginginkan nasi pulen, enak, dan bersih

Merk beras Cap Sumo hadir dalam dua varian unggulan, yaitu Super Premium Merah dan Super Premium Kuning. Kedua varian ini sama-sama memberikan cita rasa lezat dan kualitas yang aman untuk dikonsumsi. Beras ini berwarna putih alami tanpa tambahan pemutih, sehingga memberikan kepercayaan akan kebersihannya.

Saat dimasak, Beras Cap Sumo menghasilkan nasi yang lezat dan pulen, mirip dengan nasi khas Jepang. Dengan menggunakan merk beras berkualitas ini, Anda dapat menikmati hidangan nasi yang lezat dan memuaskan setiap waktu makan.

12. Merk Beras – Maknyus

Merk beras Maknyus merupakan pilihan merk beras terbaik bagi Anda yang menginginkan beras premium dengan kualitas terbaik. Merk beras ini mengklaim proses produksinya menggunakan teknologi modern, tanpa pemutih, pengawet, dan pewangi sintetis, menjadikannya pilihan yang sehat dan berkualitas.

Merk beras Maknyus tidak hanya memberikan nasi pulen yang lezat, tetapi juga kandungan gizi yang tinggi. Mengandung zat besi, selenium, magnesium, karbohidrat, protein, vitamin B1, B2, B3, B6, mangan, dan fosfor, beras ini menjadi sumber energi yang baik untuk tubuh Anda.

Kualitas merk beras Maknyus juga dibuktikan melalui uji laboratorium dan mendapatkan sertifikasi halal MUI. Dikemas dengan teknologi tinggi, Maknyus hadir dalam kemasan 5 kg yang praktis dan awet. Mudah ditemukan di swalayan, nikmati kelezatan nasi pulen bersama keluarga Anda dengan memilih merk beras Maknyus. Coba sekarang juga dan rasakan perbedaannya!

13. Merk Beras – Inter Buana Mandiri

Inter Buana Mandiri adalah pilihan terbaik bagi Anda yang menginginkan beras berkualitas tinggi. Diperoleh dari padi varietas pandan wangi, beras ini memiliki ciri khas bulir panjang, warna putih, serta aroma harum dan sedap yang khas. Nasi yang dihasilkan dari beras ini memiliki tekstur lembut, pulen, dan cita rasa yang lezat.

Merk beras ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki kebiasaan menstok beras dalam jumlah besar di rumah. Dikemas secara vakum, daya tahan beras ini lebih lama karena terlindungi dari kelembapan. Selain itu, merk beras Inter Buana Mandiri juga dijamin bebas kutu, lebih bersih, dan higienis, memberikan keamanan dan kualitas terbaik untuk keluarga Anda.

14. Merk Beras – Beras Ramos

Beras Ramos atau IR 64 merupakan varian beras dengan bentuk bulir agak panjang dan tekstur pulen saat matang. Terkenal di Indonesia, beras ini memiliki cita rasa gurih, tekstur yang tidak lengket, dan harganya yang terjangkau.

Meskipun tidak memiliki aroma pandan wangi, merk beras Ramos tetap menjadi favorit di pasaran. Namun, penting untuk diperhatikan bahwa merk beras ini cenderung menjadi pecah dan mudah basi jika sudah berumur lebih dari 3 bulan setelah panen. Sehingga, disarankan untuk mengonsumsinya dalam kurun waktu yang lebih singkat setelah pembelian.

15. Merk Beras – Lautan Mas Beras Wangi Jasmine

Lautan Mas Beras Wangi Jasmine merupakan merk beras wangi premium dengan aroma jasmine alami, tanpa penambahan pewangi buatan, dan beras putih yang mengkilap tanpa pemutih buatan. Merk beras ini terkenal dengan tekstur pulen dan kenyalnya, menjadikannya pilihan favorit untuk keluarga Anda. Untuk cara memasaknya, disarankan menggunakan rasio cup beras dan air 1:1.

Keunggulan utama merk beras jasmine ini adalah adanya gen aromatik amino aldehida pada merk beras ini, memberikan tekstur lembut dan halus saat dimasak. Meskipun memiliki aroma dan tekstur yang unik, rasanya dapat dipengaruhi oleh cara penyajian dan bumbu yang digunakan dalam hidangan. Harga yang terjangkau, sekitar Rp. 80.000 membuatnya menjadi pilihan merk beras yang baik untuk dinikmati oleh keluarga Anda.

Bagaimana Ciri-ciri Beras Berkualitas?

Mencari beras berkualitas tinggi bisa jadi menyenangkan jika kita tahu ciri-cirinya dengan baik. Pertama-tama, lihatlah kemasannya. Beras yang bagus biasanya dikemas dengan rapat dan tanpa cacat. Pastikan tidak ada sobekan atau kerusakan pada kemasan, karena ini bisa mempengaruhi kualitas biji-bijian di dalamnya.

Selanjutnya, perhatikan warna butiran beras. Beras yang berkualitas tinggi memiliki warna yang seragam dan mengkilap. Butiran yang putih bersinar menandakan kebersihan dan kualitas yang baik. Jangan lupa untuk memeriksa kadar pecah kulit (broken rice), yang seharusnya minimal agar kita mendapatkan beras utuh yang berkualitas.

Saat memilih beras, penting juga untuk mencium aromanya. Beras berkualitas tinggi memiliki aroma khas yang harum dan segar, menandakan bahwa biji-bijian tersebut matang dengan baik. Dengan memperhatikan ciri-ciri ini, kita bisa dengan mudah menemukan merek beras terbaik yang cocok untuk menyajikan hidangan lezat di meja makan kita. Jangan lupa, beras berkualitas tinggi bukan hanya membuat masakan lebih enak, tetapi juga memberikan nilai gizi yang baik bagi kesehatan kita.

Jenis-Jenis Beras

Mari kita jelajahi lebih dalam tentang jenis-jenis beras yang dapat memperkaya pengalaman masak Anda. Dengan mengetahui variasi-variasi ini, Anda bisa lebih cerdas dalam memilih bahan pokok yang sesuai dengan kebutuhan masakan Anda.

1. Beras Putih: Beras putih, hasil dari padi yang telah diproses untuk menghilangkan sekam, bekatul, dan benih, memberikan hasil yang cerah, putih, dan mengkilap. Meski lebih tahan lama, beras putih kehilangan sebagian nutrisinya selama proses. Varietas beras putih yang umum meliputi:

  • Beras Pandan Wangi: Dikenal dengan aroma pandan yang khas, memberikan sentuhan harum pada masakan. Rasanya enak dan pulen.
  • Beras Rojolele: Berbentuk bulat dan memanjang, pulen saat dimasak dengan aroma yang wangi.
  • Beras Setra Ramos (IR64): Harga terjangkau, namun perlu diingat untuk tidak menyimpannya terlalu lama karena dapat cepat basi.

2. Beras Merah: Berwarna merah karena kandungan antosianin, beras merah kaya serat dan gizi. Harganya lebih tinggi dibandingkan beras putih dan sering dipilih dalam program diet.

3. Beras Cokelat: Dengan sekam yang dihilangkan, beras cokelat memiliki bentuk kasar dan warna coklat kusam. Meski tidak tahan lama setelah dimasak, beras ini kaya akan nutrisi seperti magnesium, fosfor, selenium, thiamine, niasin, vitamin B6, mangan, dan serat.

4. Beras Ketan: Beras ketan, tinggi amilopektin dan rendah amilosa, cocok untuk membuat kudapan tradisional dan makanan ringan. Transparan dan lengket saat dimasak, sering digunakan dalam pembuatan sushi. Jangan lupa, ada pula varian ketan hitam yang sering dijadikan bubur.

Dengan memahami karakteristik masing-masing jenis beras, Anda dapat lebih fleksibel dalam memilih bahan dasar yang sesuai dengan cita rasa dan kebutuhan nutrisi. Selamat mencoba eksperimen baru di dapur Anda!

Tips Memilih Merk Beras yang Tepat

Memilih merk beras yang tepat bisa menjadi tugas yang menantang, terutama bagi mereka yang belum terbiasa dengan berbagai produk yang ada di pasaran. Untuk membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik, berikut beberapa tips yang dapat diikuti:

  1. Perhatikan Warna dan Tekstur Beras: Saat memilih beras, perhatikan warna dan teksturnya. Warna beras tidak hanya terbatas pada putih; terdapat juga beras merah, cokelat, dan hitam. Warna putih yang terlalu bersih bukan satu-satunya indikator kualitas. Sebagai contoh, beras mentik wangi memiliki warna putih susu yang khas. Tekstur beras yang baik akan kuat dan tidak mudah patah saat ditekan.
  2. Perhatikan Bentuk Beras: Bentuk beras juga penting untuk dipertimbangkan. Beras putih memiliki tiga tipe berdasarkan bentuknya: Long Grain, Medium Grain, dan Short Grain. Long grain rice memiliki bulir yang lebih panjang, memiliki kandungan pati yang sedikit, cenderung kering, dan terpisah-pisah saat dimasak. Medium grain rice, memiliki kandungan pati di antara long grain dan short grain sehingga teksturnya pulen dan bentuk bulat. Sementara itu, short grain rice, memiliki bulir yang lebih pendek dan memiliki kandungan pati tinggi, membuatnya lengket saat dimasak karena menyerap lebih banyak cairan.
  3. Ketahui Karakteristik Berbagai Jenis Beras Putih di Indonesia: Di Indonesia, terdapat beragam jenis beras putih dengan karakteristik unik. Rojolele, misalnya, memiliki bulir putih seperti susu dan tekstur pulen. Pandan Wangi, dengan aroma pandan yang khas, menawarkan bentuk yang cenderung bulat. IR 64 atau Setra Ramos, yang terjangkau, memiliki bentuk panjang dan ramping. IR 42 memberikan tekstur pera yang cocok untuk hidangan tertentu, dan Mentik adalah beras premium lokal dengan kecil, pulen, dan tumbuh secara organic.
  4. Beli dari Toko Terpercaya: Pastikan untuk membeli beras dari toko yang terpercaya, baik secara langsung maupun online. Ini memastikan bahwa beras yang Anda beli aman untuk dikonsumsi. Hindari membeli beras dengan diskon besar-besaran tanpa pertimbangan, untuk menjaga keamanan dan kualitasnya.
  5. Pilih Ukuran Kemasan yang Sesuai: Pilih ukuran kemasan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Hindari panic buying atau menyetok berlebihan, karena beras memiliki batas kadaluarsa dan dapat menjadi tempat berkembang biak bagi kutu. Belilah sesuai dengan kebutuhan dan konsumsi Anda.
  6. Beras Organik Lebih Aman dan Bernutrisi: Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk memilih beras organik. Beras organik tumbuh tanpa pestisida dan pupuk kimia, membuatnya lebih aman dan bernutrisi. Meskipun harganya mungkin sedikit lebih tinggi, manfaat kesehatan jangka panjang dapat menjadi investasi yang berharga.

Dengan memperhatikan faktor-faktor ini, Anda dapat membuat keputusan yang lebih terinformasi saat memilih merk beras yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Dengan kehadiran beras di setiap hidangan, Anda menciptakan dasar makanan yang memuaskan dan lezat. Sentuhan khas dari biji-bijian ini tak hanya menjadi elemen pokok, tetapi juga bagian tak terpisahkan dari kehidupan dan budaya kita.

Nah itu dia beberapa rekomendasi merk beras terbaik yang dapat Anda pertimbangkan. Memilih merk beras yang tepat adalah langkah cerdas untuk memastikan pengalaman makan nasi Anda lebih istimewa.

Dengan beras, Anda menciptakan dasar makanan yang memuaskan dan lezat. Jadikan setiap hidangan lebih istimewa dengan sentuhan khas dari biji-bijian yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan dan budaya kita. Kebijakan dalam memilih produk beras di pasaran akan membawa kelezatan setiap suapan Anda. Nikmati hidangan istimewa Anda dengan merk beras berkualitas!

FAQ 

Tentang Kedaluwarsa Beras:

Beras bisa kedaluwarsa, dan ini tergantung pada jenis beras dan cara penyimpanannya. Menurut informasi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad, beras putih dapat bertahan hingga 2 tahun jika disimpan dalam suhu kamar. Pastikan untuk memeriksa wadah penyimpanannya agar tetap dalam kondisi baik tanpa adanya kerusakan.

Sementara itu, beras merah dan beras hitam cenderung memiliki masa simpan yang lebih pendek, sekitar 3–6 bulan. Oleh karena itu, sebaiknya belilah beras sesuai kebutuhan agar bisa segera dihabiskan sebelum melewati masa simpannya.

Tips Mengatasi Kutu Beras:

Ketika membeli beras, kita mungkin tidak melihat adanya kutu beras di dalam kemasan. Namun, bisa saja kita menemukannya suatu hari. Ini bisa terjadi karena telur kutu beras sudah masuk ke dalam gabah dan tetap dormant (tidur) hingga saat panen.

Untuk mengatasi masalah ini, pastikan kondisi penyimpanan beras optimal dengan kadar air maksimal 14%, suhu di bawah 26 derajat Celsius, dan kelembapan kurang dari 70%. Jika kutu beras sudah ada, Anda dapat menjemur beras untuk mengusir kutu atau menggunakan bahan seperti kayu manis, daun salam, atau daun jeruk nipis yang beraroma kuat.

Beras Merah untuk Diet:

Jika Anda sedang menjalani program diet, beras merah adalah pilihan yang tepat. Beras merah memiliki indeks glikemik rendah dan kandungan serat tinggi, membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Dengan demikian, beras merah dapat menjadi bagian yang baik dalam mendukung tujuan diet Anda. Selamat mencoba dan tetap sehat!