Cara Menanam Bayam Hidroponik Sederhana

  • 4 min read
  • Jan 16, 2021

Buat kamu yang ingin menanam bayam hidroponik sederhana dengan bakul nasi, simak ulasannya dari ✓Persiapan ✓ Penyemaian ✓Penanaman ✓ Perawatan ✓Panen ✓Hama penyakit dan cara mengatasinya

Bila mendengar kartun popeye, pasti hal pertama kali yang terlintas di benak kita adalah ‘bayam’. Karena pada film kartun popeye, tokoh utama nya langsung seketika menjadi kuat setelah makan bayam.

bayam hidroponik

Hal ini yang membuat para orang tua menjadikan tokoh popeye ini sebagai alat buat anak – anaknya yang sulit untuk konsumsi sayuran hijau khususnya bayam. Karena bayam ini sangat banyak manfaat dan kaya akan nutrisi.

Nutrisi yang terdapat pada bayam diantaranya, magnesium, asam folat, mineral, vitamin A, C, vitamin B kompleks, vitamin K, kalsium, zat besi, sodium, dan potassium. Sayuran bayam juga mengandung antioksidan, dan kaya akan serat.

Bagi kesehatan tubuh, sayuran bayam ini dapat menjaga tubuh supaya terhindar dari berbagai macam penyakit. Sayuran bayam dapat mencegah dari penyakit anemia, karena mengandung zat besi dan vitamin C.

Selain itu, sayuran bayam juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena mengandung folat dan magnesium.

Bayam juga sangat berperan penting bagi ibu menyusui. Air susu ibu (ASI) akan banyak berproduksi jika ibu sering mengkonsumsi sayur bayam setiap hari nya. Sehingga sang bayi tidak gampang rewel karena ASI yang tercukupi.

Tahapan Menanam Bayam Hidropnik

Jika kita biasa mendapatkan sayuran bayam dari pasar maupun supermarket, kini kita dapat dengan mandiri menanam bayam di halaman rumah kita. Dengan sistem hidroponik, bayam dapat dengan mudah dijangkau oleh kita.

Bayam hidroponik dengan bakul nasi

Berikut artikel ini akan membahas seputar cara menanam bayam hidroponik.

Persiapan

Langkah awal sebelum memulai bercocok tanam dengan sistem hidroponik, kita harus mempersiapkan alat – alat yang dibutuhkan. Tak lupa kita juga harus memilih benih bayam yang baik dan berkualitas, supaya nantinya, tanaman bayam hidroponik yang kita tanam dapat cepat tumbuh dengan kualitas yang baik.

  • Benih bayam
  • Bakul nasi bekas
  • Arang sekam
  • Kain flanel
  • Ember
  • Nutrisi AB Mix
  • Air

Pastikan lebar lingkaran ember, sesuai ukurannya dengan lebar lingkaran bakul nasi. Karena nantinya, bakul nasi bekas tersebut akan diletakan di atas ember yang berisi air.

Penyemaian

Umumnya, penyemaian benih bayam ini termasuk cepat. Sehingga untuk bayam masuk ke tahap panen juga tidak membutuhkan waktu yang lama, kurang lebih 1 bulan.

Sebelum ke tahap penyemaian, rendam terlebih dahulu benih bayam di air hangat selama 1 jam.

Berikut tahap penyemaian benih bayam,

  • Lubangi bakul nasi bekas di bagian bawahnya menjadi 4 bagian
  • Pasang kain flanel di bakul nasi yang telah dilubangi
  • Isi sampai penuh arang sekam di bakul nasi tersebut
  • Basahi arang sekam, tapi jangan terlalu basah, cukup lembab saja
  • Taburi benih bayam sekitar 20 benih ke bakul nasi yang telah terisi oleh arang sekam.
  • Setelah itu, isi ember dengan air bersih
  • Taruh bakul nasi tersebut di atas ember

Perlu diperhatikan, pada tahap ini isi air di ember sampai penuh, sampai mengenai permukaan bakul nasi, supaya benih bayam dapat cepat tumbuh.

Setelah proses tersebut sudah dilakukan, pindahkan media tanam di tempat gelap. Dalam waktu 3 hari, nantinya benih akan pecah dan tumbuh kecambah. Selama waktu 3 hari ini, kita harus rutin menyemprotkan air ke benih bayam, supaya tanaman cepat tumbuh dan tidak rusak.

Jika benih sudah pecah dan tumbuh kecambah, pindahkan media tanam ke tempat yang cukup terkena cahaya sinar matahari.

Penanaman

Bila tanaman bayam sudah memunculkan daun sekitar 5 helai, kita dapat mengganti isi ember dengan campuran air nutrisi AB mix.

Caranya, cukup tuangkan nutrisi AB mix 1 botol ke dalam air yang terdapat di ember. Kemudian aduk merata, setelah itu letakkan kembali bakul nasi di atas ember tersebut.

Pastikan kain flanel menyentuh air yang terdapat di ember. Supaya, bayam akan cepat tumbuh dan tidak rusak dan memiliki kualitas tanaman yang baik.

Perawatan

Bila bayam sudah tumbuh akar, pastikan akar selalu terkena air nutrisi AB mix supaya bayam cepat tumbuh. Selain itu, semprot tanaman bayam 2 kali sehari setiap pagi dan sore.

Bila ada rumput liar, segera lakukan pemangkasan supaya tidak menghambat pertumbuhan bayam yang lain. Selain itu, buang daun yang busuk supaya tanaman bayam tidak rusak.

Pengendalian Hama

Hama yang menyerang tanaman bayam biasanya seperti tikus dan ulat. Untuk mencegah hama menyerang tanaman bayam, kita dapat menyemprotkan pestisida yang berbahan organik ke tanaman supaya tanaman bayam hidroponik yang kita tanam, tidak rusak karena serangan dari hama. Semprotkan secukupnya saja pestisida tersebut ke tanaman, supaya bayam tetap aman saat di konsumsi

Panen

Tanaman bayam termasuk cepat dalam menumbuhkan sayuran yang siap dikonsumsi. Bayam hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 bulan untuk sampai ke tahap panen setelah proses penanaman.

Cara memanen tanaman bayam hidroponik juga sangatlah mudah. Kita dapat langsung mencabut bayam yang sudah tumbuh dengan hati – hati. Jangan sampai merusak tanaman yang lain.

Jangan mengambil bayam dengan cara di potong, karena dapat memunculkan bunga pada tunas bayam.

Sangat mudah bukan, untuk kita dapat praktekan sendiri di rumah.

Menanam dengan cara hidroponik juga dapat dijadikan sebagai hobi baru bagi kita yang masih pemula dalam bercocok tanam. Karena selain mudah untuk dipraktekan, bercocok tanam dengan cara hidroponik juga tidak perlu membutuhkan lahan yang luas. Jadi, bagi kita yang tidak memiliki cukup ruang, cara bercocok tanam hidroponik sangat pas untuk kita yang tinggal di daerah perkotaan.

Bayam yang kaya akan manfaat dapat kita langsung konsumsi sebagai menu lalapan maupun kita buat untuk menu sayuran 4 sehat 5 sempurna. Karena bayam juga bagus untuk perkembangan otak. Jadi bagi para orang tua, dengan cara bercocok tanam hidroponik, kita dapat menghasilkan bayam yang banyak serta terjaga kualitasnya untuk buah hati tersayang.

Selain itu, bagi kaum wanita yang ingin diet juga bisa mengkonsumsi jus bayam. Walaupun rasanya pahit, namun dengan mengkonsumsi jus bayam, diet dapat menjadi lebih sehat dan bermanfaat.

Selain itu bayam juga bagus untuk kesehatan kulit dan mengurangi keriput di wajah. Kandungan antioksidan yang terdapat pada bayam, membuat kulit dapat menjadi lebih cerah dan glowing. Serta bayam dapat menjadi sunscreen alami bagi tubuh.

Bayam juga berfungsi untuk kesehatan rambut. Zat besi yang terkandung pada bayam dapat melebatkan dan menjadikan rambut kita tumbuh dengan kuat dan tidak mudah rontok.

Selain itu, rajin mengkonsumi bayam dapat menyehatkan penglihatan mata.

Berikut cara menanam bayam hidroponik dan manfaat – manfaat yang terkandung pada tanaman bayam. Karena becocok tanam dengan cara hidroponik sangat mudah untuk menjumpai alat dan bahan yang diperlukan.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *